Pertama Kali, Presiden Iran Kunjungi Negara Teluk Bertemu Emir Qatar

Presiden Iran dan Emir Qatar di Doha/ Foto: news.qana.org

Hiramedia : Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani dan Presiden Iran Ibrahim Raisi mengadakan sesi pembicaraan resmi di Kantor Keemiran di Doha, Senin (21/02/2022).

Menurut Qatar News Agency (QNA), seperti dilansir aljazeera.net kedua belah pihak membahas perkembangan terpenting yang menjadi kepentingan bersama di tingkat regional dan internasional, selain perkembangan terkini di kawasan.

Di awal sesi pembicaraan, Emir Qatar mengingatkan pada hubungan yang kuat antara kedua negara, menginginkan perkembangan dan pertumbuhan lebih lanjut di berbagai bidang.

Sementara itu, Presiden Iran menyampaikan aspirasinya untuk mengembangkan hubungan Qatar-Iran untuk kepentingan rakyat kedua negara, serta keinginannya untuk memperkuat kerja sama bilateral. Ia juga beharap dapat mengembangkannya ke tingkat yang lebih luas, kemudian berlanjut ke level regional dan internasional.

Diberitakan, kunjunga Ebrahim Raisi merupkan kunjungan bersejarah sebagai Presiden Iran ke sebuah negara Teluk.

Kunjungan Raisi ini sebagai respons atas undangan resmi Emir Qatar. Disebutkan, agenda kunjungan tersebut antara lain penandatanganan beberapa kesepakatan dan nota kesepahaman serta partisipasi dalam KTT Negara Pengekspor Gas yang dijadwalkan Selasa (22/2/2022) di Doha.

KTT akan dihadiri para pemimpin dan pejabat senior negara-negara penghasil super-gas, dan di sela-sela KTT tersebut Presiden Iran akan bertemu dengan sejumlah pejabat daria negata-negara peserta.

Dan Kantor Berita Republik Islam Iran (IRNA) mengutip pernyataan Raisi, sebelum berangkat, bahwa kunjungan itu bertujuan untuk mengaktifkan diplomasi negara-negara tetangga, terutama negara-negara Arab-Teluk , dan menggunakan kemampuan negara-negara tersebut untuk memperkuat hubungan politik dan ekonomi.

Sebelumnya, kantor berita Iran “IRNA” mengatakan bahwa Presiden Iran akan mengunjungi Doha pada hari Senin, atas undangan resmi Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani.

Kantor IRNA mengatakan bahwa dalam kunjungan tersebut Presiden Iran akan menyaksikan penandatanganan perjanjian dan nota kesepahaman, di mana ia akan bertemu dengan warga Iran yang tinggal di Qatar serta dengan para pengusaha Qatar dan Iran. (Fath)

sumber : aljazeera.net/IRNA

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: