Pertama di Dunia, Beijing Persembahkan LCC Virtual

Faqih Ma arif

Penulis : Faqih Ma arif  :

Civil Engineering: Discrete Element | Engineering Mechanics | Finite Element Method | Material Engineering | Structural Engineering | Beijing University of Aeronautics and Astronautics | 601B号房间 | 1号楼, 外国留学生宿舍 | 北京航空航天大学 | 北京市海淀区学院路 | 37學院路, 邮编 |100083 |

Ilustrasi lomba cerdas cermat | panitia LCC Virtual

“Seribu orang tua hanya bisa bermimpi, tapi seorang pemuda mampu mengubah dunia!” (Ir. Soekarno)

Hiramedia : KBRI Beijing – Pertama kali digelar di dunia, KBRI Beijing menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Virtual tahun 2020. Tema yang di usung adalah berkaitan dengan “Mengimpelementasikan Sikap dan Wawasan Kebangsaan.” 

Kegiatan tersebut diadakan selama tiga hari dari tanggal 12, 13 dan puncaknya pada 17 Agustus 2020. Perlu diketahui LCC 2020 merupakan rangkaian perayaan dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 75.

Dalam pelaksanaannya, LCC Virtual 2020, KBRI Beijing melalui Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Beijing bekerjasama dengan ASCEE Tiongkok, ANTARA News Beijing, ASCEE Student Branch, Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok (PPIT), dan Gerakan Indonesia Membantu (GIM). Kegiatan ini juga diadakan dalam rangka memperingati hubungan diplomatik yang ke tujuh puluh tahun antara Indonesia-China.

Tangkapan layar peserta LCC virtual 2020 | dokpri

Tangkapan layar peserta LCC virtual 2020 | dokpri

Dukungan KBRI
Sambutan perdana dimulai sekitar pukul 11.25 CST oleh Farhan Selaku ketua Panitia. Mewakili rekan-rekan mengucapkan terimakasih atas dukungan yang diberikan untuk dapat melaksanakan kegiatan yang telah dipersiapkan secara sejak sebulan lamanya, dan direncanakan sejak April 2020.

Selanjutnya ketua ASCEE Tiongkok, Assistant Professor Sularso menyambut gembira atas terlaksananya lomba LCC Virtual yang pertama kali diadakan di dunia. 

ASCEE Tiongkok diharapkan dapat berkolaborasi untuk berbagai kegiatan yang bersifat ilmiah, baik nasional ataupun internasional. Saat ini ASCEE Tiongkok juga telah mengadakan seleksi penerimaan beasiswa baik mahasiswa nasional ataupun internasional.

Sebagai sambutan akhir dan pembuka acara oleh Bapak Yaya Sutarya, selaku atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Beijing. Dalam kurun waktu tiga puluh menit, melalui inti dari presentasi beliau menyampaikan tentang pentingnya peran pemuda, terutama mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa. KBRI Beijing melalui Atdikbud siap mendukung berbagai kegiatan untuk peningkatan kapasitas akademik mahasiswa yang berada di Tiongkok.

“Nilai-nilai pilar kebangsaan tidak boleh luntur dan harus tetap dipupuk meskipun sedang belajar di negeri orang lain.” Tutupnya

Laga pembuka
Babak penyisihan berlangsung sejak pukul 12.40 CST sampai dengan 18.00 CST. Terdapat 16 tim yang berlaga dalam kompetisi LCC Virtual 2020 terdiri dari mahasiswa yang berada di seluruh penjuru Tiongkok.

Peserta LCC virtual babak penyisihan grup | dokpri

Peserta LCC virtual babak penyisihan grup | dokpri

Dari enam belas tim, hanya delapan yang akan diseleksi ke babak semifinal. Setiap tim harus melalui tiga tahapan lomba diantaranya adalah babak penyisihan, Benar-Salah, dan babak rebutan. Hanya tim yang memiliki nilai tertinggi disetiap grup akan berhasil lolos ke tahapan semifinal.

Ilustrasi penilaian LCC virtual 2020 | dokpri

Ilustrasi penilaian LCC virtual 2020 | dokpri

Babak rebutan menjadi penentu kelolosan tim yang sekaligus bisa menjadi blunder karena aka nada pengurangan nilai saat salah menjawab. Ketelitian, kecermatan, serta eksekusi yang tepat didasari percaya diri yang tinggi menjadi kunci kesuksesan sebuah tim untuk lolos ke semifinal.

Setelah melalui babak penyisihan secara marathon, terdapat delapan tim yang berhak melaju ke semifinal di antaranya adalah perwakilan dari Guangzhou (Tiga Siswa Zhongda), Beijing (ondel-ondel), Badak Sakti (Yangzhou), Dokuritsu (Nanjing), Srikandi Mbarep (Yangzhou), Arunika (Nanjing), Tiga Serangkai (Nanjing), dan Yinni Crew (Anhui).

Sebagai penutup, perlombaan ini akan diadakan secara marathon hingga puncaknya tangal 17 Agustus 2020, dan dapat disaksikan melalui live streaming Youtube. Ini sekaligus menjawab berbagai pertanyaan tentang nasionalisme bangsa yang ternyata dapat terus di pupuk walaupun hidup di Luar negeri. Karena pada dasarnya, anak muda adalah generasi penerus bangsa yang sekaligus mampu mengubah dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Iran - Turki Mengeritik, Uni Emirat Arab Sepakati Normalisasi Hubungan dengan Israel.

Fri Aug 14 , 2020
Share […]
Tentang Hiramedia: Pertama di Dunia, Beijing Persembahkan LCC Virtual

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com

Close Ads Here
Close Ads Here