Pernyataan Presiden Mesir Mengenai “Intervensi Militer” di Libya Mendapat Reaksi Internasional

KTT Libya di Berlin, Jerman pada 19 Januari 2020/en.wikipedia.org

Hiramedia : Pernyataan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi, mengenai “legitimasi internasional” untuk setiap intervensi langsung Mesir di Libya mendapat reaksi internasional.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) justru menganggap bahwa hal terakhir yang dibutuhkan negara adalah lebih banyak pertempuran”, sementara Jerman memperingatkan terhadap konsekuensi akan terjadinya eskalasi.

Nada kritis Perancis terhadap situasi di Libya saat ini karena campur tangan Turki, yang menurut Presiden Emmanuel Macron Ankara telah memainkan “permainan berbahaya” di Libya, dan menajdi ancaman langsung terhadap kawasan Eropa.

Diberitakan, Gedung Putih setuju dengan Perancis melalui percakapan telepon antara Presiden AS Donald Trump dengan Presiden Emmanuel Macron tentang kebutuhan mendesak akan gencatan senjata di Libya, dan melanjutkan negosiasi antara pihak-pihak yang terlibat dalam konflik Libya dengan cepat.

Dalam hal yang sama, juru bicara Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Stephane Dujarric menanggapi pertanyaan tentang pernyataan Presiden Mesir, Abdel Fattah el-Sisi baru-baru ini – dengan mengatakan “bahwa hendaknya tidak ada pihak manapun yang melakukan sesuatu yang dapat membuat situasi lebih buruk daripada saat ini.”

Ia juga menyatakan keprihatinan PBB tentang adanya gerakan militer terus menerus di Libya, khususnya pemindahan senjata dari luar negeri dan berlanjutnya perekrutan tentara bayaran.

Sementara itu, Berlin juga bereaksi terhadap pernyataan Presiden Mesir mengenai Libya. Menteri Luar Negeri Jerman, Haikou Maas memperingatkan adanya “peningkatan pertempuran” di Libya setelah pengumuman ini.

Maas mengatakan – setelah bertemu dengan konterpartnya dari Italia Luigi de Mayo di Roma – bahwa “Pengumuman Sisi untuk tidak mengesampingkan aksi militer oleh tentara Mesir akan mengancam konflik dengan eskalasi baru.”

Selanjutnya ia juga menyerukan “pihak eksternal untuk tidak menaruh minyak di atas api, dan tidak berkontribusi pada eskalasi lebih lanjut.(Fath)

Sumber : aljazeera.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Masjid-Masjid di Mekkah Mulai Dibuka Kembali Untuk Shalat Jumát

Sat Jun 27 , 2020
Share […]
Tentang Hiramedia: Pernyataan Presiden Mesir Mengenai “Intervensi Militer” di Libya Mendapat Reaksi Internasional

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com

Close Ads Here
Close Ads Here