Hankam : Iran Ingatkan Kerja Sama Regional Negara Teluk-Israel

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh/Via tehrantimes.com

Hiramedia : Iran telah memperingatkan bahwa setiap kerjasama regional dengan Israel terhadap keamanan nasionalnya akan menghadapi tanggapan yang jelas tanpa pengampunan, aljazeera.net melaporkan Sabtu (2/1/2021). Peringatan tersebut mencatat bahwa beberapa minggu mendatang akan menjadi “penting dan menentukan,”. Sementara itu, Komandan Angkatan Udara Pengawal Revolusi Iran mengkonfirmasi bahwa tidak ada perbedaan bagi Teheran dalam potensi perang antara pangkalan Amerika dan negara-negara yang menampungnya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh seperti dilansir aljazeera.net mengatakan bahwa setiap kerja sama antara negara-negara di kawasan dan Israel melawan keamanan nasional Iran atau melebihi garis merahnya akan menghadapi tanggapan yang jelas dan telak, menekankan bahwa selama pasukan AS berada di Irak, keamanan dan stabilitas akan tetap tidak ada.

Zadeh menambahkan dalam pernyataannya, hari ini, Sabtu (2/1/2021) bahwa ada kesempatan terakhir untuk mempertahankan perjanjian nuklir dan bahwa Presiden AS Joe Biden harus mengambil langkah-langkah praktis dan cepat, menunjukkan bahwa minggu-minggu mendatang adalah penting dan menentukan antara apakah pihak lain memilih untuk melaksanakan komitmennya atau meninggalkan diplomasi.

Diberitakan bahwa Juru bicara itu juga mengirim pesan ke Kerajaan Arab Saudi, mengatakan, “Kebijakan kami didasarkan pada kerja sama dengan semua orang dan tidak membeli keamanan dari negara-negara di luar kawasan,” . Ia menambahkan bahwa Teheran belum menerima jawaban tertulis dari Riyadh mengenai inisiatif perdamaian Hormuz yang diluncurkannya, sementara Iran sudah menerima jawaban positif dari negara-negara Teluk lainnya.

Zadeh berkata, “Kami memiliki hubungan yang erat dan terorganisir dengan Qatar dan tidak ada file regional yang kami diskusikan secara bertanggung jawab.”

Sebelumnya, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh mengatakan bahwa ada indikasi gerakan Amerika yang mencurigakan di wilayah tersebut, dan bahwa Teheran telah memberi tahu Washington melalui saluran pribadi bahwa itu akan menanggung akibat dari petualangan apa pun.

Zadeh mengklarifikasi bahwa negaranya telah memberi tahu negara-negara di kawasan tentang perlunya berhati-hati agar tidak jatuh ke dalam “perangkap konspirasi Amerika”, menekankan bahwa Teheran tidak akan memulai serangan terhadap siapa pun, tetapi tanggapannya tidak akan terhindarkan dan tegas.

Dia juga mengatakan bahwa Presiden AS Donald Trump akan pergi dengan “warisan yang menyeramkan,” dan bahwa Iran tidak akan melupakan pembunuhan Soleimani dan rekan-rekannya, mengacu pada serangan Amerika yang menargetkan komandan Pasukan Quds, Qassem Soleimani, di dekat bandara Baghdad pada 3 Januari 2020. ( Fath)

sumber : aljazeera.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Misi PBB Umumkan Komite Penasihat Forum Dialog Politik di Libya

Sun Jan 3 , 2021
Share on […]
Tentang Hiramedia: Hankam : Iran Ingatkan Kerja Sama Regional Negara Teluk-Israel

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com