Ilmuwan Nuklir Iran, Fakhrizadeh Tewas Diserang Teroris

Mohsen Fakhrizadeh- January 2019/wikipedia.org

Hiramedia – Salah seorang Ilmuwan top nuklir Iran Mohsen Fakhrizadeh dikabarkan tewas setelah diserang oleh teroris di kota Absar di daerah Damavand di timur Teheran Jumat sore waktu setempat (27/11/2020) dan menjadi martir beberapa jam kemudian.

Kantor Berita Iran Farnews.ir melaporkan mobil Fakhrizadeh menjadi sasaran ledakan dan tembakan senapan mesin di Damavand’s Absard sekitar 40 kilometer di sebelah Timur ibukota Teheran.

Ilmuwan nuklir dan salah satu rekannya segera dibawa ke rumah sakit terdekat tetapi nyawanya tidak dapat diselamatkan.

Menurut laporan saksi mata mengkonfirmasi bahwa mobil Fakhrizadeh pertama diserang dengan ledakan dan kemudian seorang teroris menembakkan peluru ke mobilnya.

Saksi mata juga mengatakan tiga hingga empat orang, kemungkinan besar semua teroris, telah tewas dalam serangan itu.

Laporan FNA mengkonfirmasi bahwa dua mayat terlihat di Klinik Absard dan tempat tidur penuh darah tempat Fakhrizadeh terlihat.

Sumber keamanan dalam wawancara dengan FNA membenarkan upaya pembunuhan terhadap ilmuwan nuklir Iran tersebut.

Awal tahun 2018, sumber-sumber Israel telah mengakui bahwa Mossad telah mencoba membunuh seorang ilmuwan nuklir Iran, tetapi operasinya gagal.

Menurut Fars News Agency, Mossad telah memperoleh akses ke nama Fakhrizadeh melalui daftar PBB yang merujuknya sebagai ilmuwan senior Pusat Penelitian Fisika Kementerian Pertahanan Iran.

Ilmuwan nuklir Iran telah menjadi target upaya pembunuhan agen mata-mata barat dan Israel dalam beberapa tahun terakhir.

Pada Juni 2012, Iran mengumumkan bahwa pasukan intelijennya telah mengidentifikasi dan menangkap semua elemen teroris di balik pembunuhan ilmuwan nuklir negara itu.

“Semua elemen yang terlibat dalam pembunuhan ilmuwan nuklir negara itu telah diidentifikasi dan ditangkap,” Kementerian Intelijen Iran mengumumkan dalam sebuah pernyataan.

“Sejumlah negara, yang wilayah dan fasilitasnya telah disalahgunakan oleh tim teroris yang didukung Mossad, telah memberi informasi yang relevan tentang para pejabat Iran ,” tambah pernyataan itu.

“Selama penyelidikan, semua elemen lain di balik pembunuhan ilmuwan Iran Massoud Ali-Mohammadi, Majid Shahriari dan Mostafa Ahmadi Roshan serta Reza Qashqaei (pengemudi Roshan) telah ditangkap,” bunyi pernyataan itu.

“Beberapa pelaku pembunuhan Dr. Fereidoun Abbasi, kepala Organisasi Energi Atom Iran saat ini, termasuk di antara mereka yang ditangkap,” tambah kementerian itu.

Menurut pernyataan itu, Kementerian Intelijen Iran telah mendeteksi beberapa pangkalan Mossad di dalam wilayah salah satu tetangga Barat Iran, yang memberikan pelatihan dan dukungan logistik kepada jaringan teroris.

Dalam serangan kelima dalam dua tahun, teroris membunuh seorang ilmuwan Iran berusia 32 tahun, Mostafa Ahmadi Roshan, dan sopirnya pada 11 Januari 2012.

Ledakan itu terjadi pada ulang tahun kedua martir profesor universitas Iran dan ilmuwan nuklir, Massoud Ali Mohammadi, yang juga terbunuh dalam serangan bom teroris di Teheran pada Januari 2010.

Metode pembunuhan yang digunakan dalam pemboman itu mirip dengan serangan bom teroris 2010 terhadap profesor universitas saat itu, Fereidoun Abbassi Davani – yang menjadi kepala Organisasi Energi Atom Iran – dan koleganya Majid Shahriari. Sementara Abbasi Davani selamat dari serangan itu, Shahriari menjadi martir.

Ilmuwan Iran lainnya, Dariush Rezaeinejad, juga dibunuh dengan cara yang sama pada 23 Juli 2011.

Dalam perkembangan yang relevan pada Januari 2015, Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) mengumumkan bahwa mereka telah menggagalkan upaya pasukan intelijen Israel untuk membunuh seorang ilmuwan nuklir Iran.

“Dalam dua tahun terakhir, musuh Zionis (Israel) berusaha keras untuk membunuh seorang ilmuwan nuklir Iran, tetapi kehadiran pasukan keamanan IRGC yang tepat waktu menggagalkan operasi teroris,” Wakil Kepala Penghubung Korps Penjaga Penerbangan Kolonel Ya’qoub Baqeri memberi tahu FNA pada 2015.( Fath)

sumber : FarNews.ir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Menlu Iran, Javid Zarif Kecam Israel Atas Tewasnya Fakhrezadeh

Sat Nov 28 , 2020
Share […]
Tentang Hiramedia: Ilmuwan Nuklir Iran, Fakhrizadeh Tewas Diserang Teroris

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com

Close Ads Here
Close Ads Here