Washington Minta Libanon Segera Bentuk Pemerintahan Baru

Demonstrasi di Libanon Menumbangkan Pemerintahan SPerdana Menteri Saad Hariri

Pasca pengunduran diri Perdana Menteri Libanon, Saad Hariri, Selasa (29/10/2019), pemerintah Amerika Serikat melalui Kementerian Luar Negerinya yang disampaikan Menteri Sekretaris Negara / Menteri Luar Negeri, Mike Pompeo telah meminta Libanon untuk membentuk pemerintahan baru seperti diberitakan aawsat.com (30/10/2019) mengutip German Press Agency pada Selasa malam.

“Sehubungan dengan pengunduran diri Perdana Menteri Saad Hariri, Amerika Serikat menyerukan para pemimpin politik Libanon untuk mempercepat pembentukan pemerintahan baru yang mampu membangun Libanon yang stabil, makmur, dan aman yang menanggapi kebutuhan warganya,” kata Pompeo.

“Demonstrasi damai dan ekspresi persatuan nasional yang berlangsung selama 13 hari terakhir telah mengirim pesan yang jelas. “Rakyat Libanon menginginkan pemerintahan yang efektif, reformasi ekonomi dan diakhirinya korupsi yang merajalela.” kata Pompeo.

Dia melanjutkan: «Kita harus menghentikan kekerasan atau tindakan provokatif, dan menyerukan tentara Libanon dan layanan keamanan untuk terus memastikan hak dan keamanan bagi para demonstran».

Pernyataan Pompeo tersebut datang beberapa jam setelah Perdana Menteri Libanon Saad Hariri mengumumkan pengunduran diri pemerintahannya.

Beberapa sumber berita sebelumnya melaporkan bahwa para pengunjuk rasa di alun-alun ibukota Beirut, Libanon telah menyatakan kegemberiraan mereka dan menyambut baik langkah pengunduran diri Saad Hariri. Namun, mereka tetap tinggal di jalan sampai pemulihan dana yang dijarah dan meminta pertanggungjawaban dana yang diduga dikorupsi.

Unjuk rasa tersebut, terjadi sebagai respon atas dugaan korupsi yang merajalela dalam tubuh pemerintahan Hariri yang semakin menambah buruknya perekenomian negara tersebut. ( Fath)

Sumber . aawsat.com/ berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Paviliun Indonesia Jadi Primadona Festival Anak Internasional di Oslo

Thu Nov 7 , 2019
Share on […]
Tentang Hiramedia: Washington Minta Libanon Segera Bentuk Pemerintahan Baru

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com