Kelompok Taliban dan Pemerintah Afganistan Bertemu di Doha

Konfrensi Perdamaian Afganistan di Doha / Foto : Fath Via Aljazeera.net

Hiramedia, Doha – Konferensi perdamaian Afghanistan berlangsung dua hari di ibukota Qatar, Doha ( 7-8/7/2019). Konfrensi tersebut diselenggarakan dibawah naungan Qatar-Jerman. Peserta konferensi sepakat pada peta jalan ( damai) dan mengambil langkah-langkah untuk menciptakan suatu kondisi yang dapat dipercaya untuk perdamaian.

Sekitar 70 delegasi dari Afghanistan, yang mewakili Taliban, Pemerintah, Oposisi dan masyarakat sipil, berjanji dalam sebuah pernyataan di akhir perundingan untuk menyiapkan “peta jalan perdamaian”.

Sejumlah kesepekatan tersebut, termasuk di antaranya memastikan perlindungan martabat rakyat Afghanistan, pembebasan tahanan tanpa syarat, menjamin keamanan perusahaan publik dan menghormati hak-hak perempuan, sebagaimana dilansir Aljazeera.net, Selasa (9/7/2019).  

Aljazeera melaporkan bahwa para peserta juga sepakat bahwa Afghanistan seharusnya tidak melihat perang lagi, dan menyerukan dialog dan menghindari balas dendam serta ancaman.

Para peserta konfrensi yang disponsori bersama oleh Negara Qatar dan Federal Jerman itu mendesak OKI, PBB, Dewan Keamanan dan Uni Eropa untuk mendukung konferensi Perdamaian yang diadakan di Moskow dan Doha.

Deklarasi akhir konfrensi tersebut dibacakan oleh Amir Khan Mottaki, seorang mantan Menteri pada rezim Taliban (1996-2001) dan Habiba Sarabi, Wakil Presiden Dewan Tertinggi untuk Perdamaian Afghanistan yang didirikan oleh mantan Presiden Hamid Karzai. Demikian, Aljazeera.net melaporkan. (fath)

Next Post

Inggris Akan Kirim Kapal Perang Kedua ke Teluk

Fri Jul 12 , 2019
Share […]
Tentang Hiramedia: Kelompok Taliban dan Pemerintah Afganistan Bertemu di Doha

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com

Close Ads Here
Close Ads Here