Jelang KTT G-20, Raja Salman dan Presiden Erdogan Sepakat Untuk Buka Dialog

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz/Wikipedia.org

Hiramedia : Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sepakat pada hari Jumat (20/11/2020) untuk membuat saluran dialog terbuka dalam rangka menyelesaikan perbedaan dan meningkatkan hubungan antara kedua negara. Kesepakatan itu dilakukan selama pembicaraan ia telepon antara kedua pemimpin sebelum dimulainya KTT G20 hari ini dan besok.

Dan Kantor Pers Saudi seperti dilansir aljazeera.net (21/11/2020) melaporkan sebelumnya pada hari Jumat bahwa Raja Salman telah menghubungi Presiden Erdogan untuk mengoordinasikan upaya yang dilakukan dalam kegiatan KTT G20, yang diselenggarakan oleh Riyadh secara daring, dalam penerapan tindakan pencegahan untuk memerangi pandemi virus Corona.

Arab Saudi dan Turki merupakan anggota kelompok ekonomi yang mencakup 20 negara ekonomi terbesar di dunia.

Dua pekan lalu, Raja Arab Saudi memerintahkan untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan mendesak ke Turki untuk kepentingan mereka yang terkena dampak gempa bumi yang melanda Izmir, Turki barat, pada akhir bulan lalu.

Pembicaraan antara Raja Salman dan Presiden Erdogan terjadi di tengah ketegangan dalam hubungan antara Ankara dan Riyadh selama bertahun-tahun, karena beberapa isu kebijakan luar negeri, serta pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul pada Oktober 2018.

Beberapa pengusaha Saudi dan Turki telah berbicara selama beberapa bulan terakhir tentang Arab Saudi yang memberlakukan boikot tidak resmi atas barang-barang Turki, dan bulan lalu kelompok-kelompok yang mewakili perusahaan besar Turki mendesak otoritas kerajaan untuk meningkatkan hubungan perdagangan antara kedua negara. (Fath)

Sumber: Agensi via aljazeera,net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Menlu AS, Mike Pompeo Berkunjung ke Abu Dhabi

Sat Nov 21 , 2020
Share […]
Tentang Hiramedia: Jelang KTT G-20, Raja Salman dan Presiden Erdogan Sepakat Untuk Buka Dialog

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com