PM Malaysia Tolak Gagasan AS Soal “Kesepakatan Abadi” Palestina-Israel

PM Malaysia, Tun Dr. Mahathir Mohamad/in.wikipedia.org

KUALA LUMPUR: Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad mengutuk “kesepakatan abad ini” yang digagas pemerintahan Donald Trump untuk perdamaian Palestina-Israel, karena dinilai mengabaikan hak-hak warga Palestina.

“Ini adalah perjanjian sepihak yang dibuat oleh AS dan Israel tanpa berkonsultasi dengan Palestina,” .

“Rencana perdamaian ini hanya mengakui penjajah yang kuat sementara itu, benar-benar mengabaikan hak-hak orang yang tertindas.” kata Perdana Menteri berusia 94 tahun itu pada konferensi ketiga Liga Parlemen untuk Al-Quds, yang dihadiri oleh sekitar 500 anggota parlemen dari seluruh dunia seperti dilansir arabnews.com.

Dia mengatakan rencana itu tidak akan menghasilkan negara Palestina yang berdampingan dan ” hanya akan melanjutkan dominasi pendudukan seperti apartheid di atas jutaan rakyat Palestina.”

Upaya perdamaian Palestina-Israel terus dilakukan, namun proposal “Kesepakatan Abadi” yang dirancang Gedung Putih dan Israel itu tidak melibatkan pihak Palestina. Palestina tetap kukuh dengan prinsip kemerdekaannya dan untuk memperoleh hak-haknya yang direbut Israel dalam perang Timur Tengah 1967.

“Malaysia menganggap proposal itu sama sekali tidak dapat diterima dan sangat tidak adil. Sangat mengecewakan bahwa setelah lebih dari tujuh dekade, hanya satu sisi dari solusi dua negara telah terbentuk – yaitu Israel, “kata Mahathir, yang mendesak Presiden AS Donald Trump untuk mundur. Tulis arabnews.com

Konfrensi Ikatan Parlemen Dunia untuk Al-Quds itu berlangsung di Kuala Lumpur Malaysia, Sabtu (7/2/2020) dihadiri anggota Parlemen dari berbagai negara guna membahas persoalan Palestina dan upaya memperolah hak-hak kemerdekannya. (Fath)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Iran Selenggarakan Pemilu Parlemen

Sat Feb 22 , 2020
Share on […]
Tentang Hiramedia: PM Malaysia Tolak Gagasan AS Soal “Kesepakatan Abadi” Palestina-Israel

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com