Satu Juta Jamaah Haji Bersiap Menuju Arafat

Peziarah Muslim berdoa di sekitar Ka’bah di Masjidil Haram pada hari Selasa selama ziarah haji tahunan. (AFP)

HIRAMEDIA: Sekitar satu juta jamaah haji bersiap-siap menuju tempat-tempat suci (Masyaári Haram) di Arafat,Muzdalifah dan Mina dalam rangka melaksanakan rangkaian kegiata ibadah haji tahun 1443 H. / 2022 M.

Ditengah terik matahari di bulan Juli tahun ini, seperti dilansir arabnews.com (7/7/2022), ratusan ribu jamaah mengelilingi Ka’bah atau tawaf di Masjidil Haram di Mekkah. Banyak jamaah yang memegang payung untuk menghalangi terik sinar matahari saat suhu naik mencapai 42 C.

Diberitakan, sejak hari Kamis, para jamaah mulai melakukan perjalanan melewati Mina sekitar 5 kilometer dari Masjidil Haram, menuju Arafat, sebagai inti ibadah haji, di mana Nabi Muhammad SAW. menyampaikan khutbah terakhirnya.

Pihak otoritas Arab Saudi telah melakukan operasi besar-besaran untuk memastikan kesehatan dan keselamatan para jamaah haji. Kementerian Kesehatan Saudi juga telah menyiapkan 23 Rumah Sakit dan 147 pusat kesehatan di Mekkah dan Madinah, dua kota untuk menampung para jamaah.

Dilaporkan, empat Rumah Sakit dan 26 Puskesmas juga siap merawat jamaah haji di Mina. Ada lebih dari 1.000 tempat tidur untuk pasien yang membutuhkan perawatan intensif dan lebih dari 200 khusus untuk pasien parah, dan lebih dari 25.000 tenaga kesehatan siap untuk menangani kasus yang muncul. (fath)

sumber : arabnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: