Irak Akan Minta Pemerintahan Joe Biden Bentuk Tim Perunding

Menteri Luar Negeri Irak/twitter@Fuad_Hussein1

Hiramedia : Pemerintah Irak akan meminta tim perunding kepada pemerintahan Joe Biden untuk bernegosiasi mengenai keberadaan pasukan AS dan koalisinya di wilayah Irak. Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Irak, Fuad Hussein mengatakan Sabtu (23/1/2021) bahwa negaranya akan meminta pemerintahan Presiden AS yang baru, Joe Biden, untuk menunjuk tim perunding untuk membahas kelangsungan hidup pasukan militer di negara itu.

Diberitakan aljazeera.net (23/1/2021) Menteri Huad Husein menyampaikan rencananya tersebut dalam ceramah di Nahrain Center for Strategic Studies milik pemerintah di ibukota, Baghdad. “Kami akan meminta pemerintah AS yang baru untuk melanjutkan pertemuan dialog strategis dan menentukan tim negosiasi, dan kami akan membahas keamanan. dan masalah militer terkait dengan tetapnya pasukan AS di Irak, ” kata Husein dikutip aljazeera.net.

Pada tahun 2014, sekitar 5.000 tentara Amerika Serikat dikerahkan ke pangkalan militer di seluruh Irak, atas permintaan pemerintah, sebagai bagian dari koalisi internasional untuk memerangi ISIS, yang saat itu menduduki sepertiga dari wilayah negara itu.

Selama beberapa tahun terakhir, utaranya pada pemerintahan Presiden Trump Amerika Serikat menarik sebagian pasukannya di Irak. Hanya saja, tidak ada statistik resmi yang menyebutkan mengenai jumlah dan perlengkapan pasukan Amerika yang masih berada di negara itu.

Pada bulan Agustus lalu, Baghdad dan Washington setuju untuk menarik pasukan Amerika dari Irak dalam waktu 3 tahun, seperti diumumkan Presiden AS Donald Trump selama kunjungan Perdana Menteri Irak Mustafa Al-Kazemi ke Amerika Serikat.

Awal tahun ini, Parlemen Irak melakukan voting untuk mengakhiri masa tinggal militer asing di negara itu, menyusul pembunuhan komandan Pasukan Quds Iran, Qassem Soleimani, dan wakil kepala Otoritas Mobilisasi Rakyat, Abu Mahdi Al-Muhandis dalam serangan udara pasukan Amerika Serikat di dekat Bandara Internasional Baghdad. (Fath)

Sumber: Al Jazeera + Anatolia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Iran Mengancam Abaikan Kesepakatan Nuklir, AS Mengecam

Sun Jan 24 , 2021
Share […]
Tentang Hiramedia: Irak Akan Minta Pemerintahan Joe Biden Bentuk Tim Perunding

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com

Close Ads Here
Close Ads Here