Ngeri, Peneliti Sebut Coronavirus dapat Hidup di Lingkungan Kita 9 Hari

Ilustrasi coronavirus | chinadaily.com.cn

Penulis : Faqih Maarif *)

7 Maret 2020   16:30 Diperbarui: 7 Maret 2020   17:57  133  5 2

Ngeri, Peneliti Sebut Coronavirus dapat Hidup di Lingkungan Kita 9 Hari

Ilustrasi coronavirus | chinadaily.com.cn

WHO telah merekomendasikan bahwa dalam rangka memastikan prosedur pembersihan serta desinfeksi lingkungan harus dilakukan secara konsiten dan benar. Tata cara pembersihan lingkungan secara menyeluruh dengan air dan deterjen atau hand sanitizer, atau dalam rumah sakit yang sering digunakan diantaranya adalah natrium hipoklorit, yang merupakan prosedur paling memadai dan juga efektif.

Tidak baik terlalu sering mencuci tangan dengan Hand Sanitizer

Kekhawatiran yang berlebihan penyebaran COVID-19 menyebabkan banyak dari kita sering mencuci tangan. Dilansir dari berbagai sumber mengatakan bahwa terlalu sering mencuci tangan kita dengan menggunakan hand sanitizer tidaklah baik. 

Hal yang mengejutkan justru timbul adalah meningkatnya resiko infeksi melalui gangguan kulit, melemahkan kemampuan kulit sebagai penghalang dalam rangka menjaga kelembaban serta efek yang lebih berbahaya lainnya.

Penggunaan hand sanitizer yang keliru justru tidak dapat menghilangkan bakteri yang disebut sebagai flora bakteri normal. Perlu diketahui bahwa flora bakteri melapisi kulit dan menangkis setiap serangan agen pathogen seperti virus.

“Orang tentu saja perlu mencuci tangannya dan menggunakan hand sanitizer berbasis alkohol untuk mengurangi risiko penularan virus, tetapi melakukannya secara berlebihan juga tidak baik,” jelas juru bicara produsen produk kimia dan konsumen Jepang Kao Corp. dikutip dari suara.com

Hand sanitizer juga akan dapat membuat kulit kita berminyak serta tidak dapat menyerap air. Dalam keadaan demikian, maka kulit kita biasanya akan kasar dan pecah-pecah sebagai akibat penggunaan hand sanitizer terlalu sering.

Sebagai penutup, virus korona manusia dapat tetap menular pada permukaan yang tidak hidup hingga 9 hari. Desinfeksi permukaan dengan 0,1% natrium hipoklorit atau 62-71% etanol secara signifikan mengurangi infektivitas coronavirus pada permukaan dalam waktu pemaparan 1 menit.

Dikarenakan tidak ada terapi khusus untuk penganangan COVID-19, penanganan secara dini serta pencegahan lebih lanjut sangat diperlukan untuk mengisolasi wabah yang sedang berlangsung hingga saat ini.

Semoga bermanfaat
Copyright @fqm2020
References 1 2 3

NB: Jika berminat memiliki Jurnal Kampf (2020) terkait masa hidup virus selama 9 hari, dapat menghubungi email : faqihmaarif24@gmail.com

Faqih Ma arif

Faqih Ma arif 

FOLLOWCivil Engineering: Discrete Element | Engineering Mechanics | Finite Element Method | Material Engineering | Structural Engineering |

Beijing University of Aeronautics and Astronautics | 601B号房间 | 1号楼, 外国留学生宿舍 | 北京航空航天大学 | 北京市海淀区学院路 | 37學院路, 邮编 |100083 |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mengenal Al-Okhdood, Situs Bersejarah di Arab Saudi

Sat Mar 14 , 2020
Share […]
Tentang Hiramedia: Ngeri, Peneliti Sebut Coronavirus dapat Hidup di Lingkungan Kita 9 Hari

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com

Close Ads Here
Close Ads Here