Qasem Soleimani, “Ikon” Komando Militer Iran Tewas di Tangan AS

Qasem Soleimani/en.wikipedia.org

Qasem Soleimani, komandan militer berpengaruh dari Garda Revolusi Iran tewas dalam serangan udara Amerika Serikat di Bandara Internasional Baghdad, Irak, 3 Januari 2020. Siapakah Qasem Soleimani ?

Qasem Soleimani, lahir pada Maret 1957, dan meninggal pada 3 Januari 2020. Ia adalah seorang Mayor Jenderal Iran di Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) sejak 1998 hingga kematiannya, komandan Pasukan Quds, sebuah divisi yang bertanggung jawab untuk operasi militer dan klandestin ekstrateritorial.

Soleimani memulai karir militernya di awal Perang Iran-Irak tahun 1980-an, di mana ia memimpin Divisi ke-41. Dia kemudian terlibat dalam operasi ekstrateritorial, memberikan bantuan militer kepada kelompok-kelompok Syiah dan Kurdi anti-Saddam di Irak, dan kemudian Hezbollah di Libanon serta Hamas di wilayah Palestina.

Pada 2012, Soleimani membantu memperkuat pemerintah Suriah, sekutu penting Iran, selama Perang Sipil Suriah, khususnya dalam operasinya melawan ISIS dan cabang-cabangnya. Soleimani juga membantu dalam komando gabungan pemerintah Irak dan pasukan milisi Syiah melawan Negara Islam Irak dan Levant (ISIL) pada 2014-2015.

Soleimani terbunuh dalam serangan udara AS yang ditargetkan pada 3 Januari 2020 di Baghdad, Irak. Anggota Pasukan Mobilisasi Populer juga tewas dalam serangan tersebut. Pangkatnya dipromosikan menjadi letnan jenderal secara anumerta.

Karena pengaruhnya yang sangat besar dalam memimpin komando militer Iran, ia menjadi “ikon” kedigdayaan militer negeri Mulllah itu. Soleimani digantikan oleh Esmail Ghaani sebagai komandan pasukan Quds. ( Fath )

Sumber : en.wikipedia.org/dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Iran Berjanji Akan Balas Serangan AS Terhadap Soleimani

Sat Jan 4 , 2020
Share […]
Tentang Hiramedia: Qasem Soleimani, “Ikon” Komando Militer Iran Tewas di Tangan AS

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com

Close Ads Here
Close Ads Here