Sejak Pecah Perang, Menlu UEA Baru Pertamakali Kunjungi Damaskus

President Donald J. Trump, Minister of Foreign Affairs of Bahrain Dr. Abdullatif bin Rashid Al-Zayani, Israeli Prime Minister Benjamin Netanyahu and Minister of Foreign Affairs for the United Arab Emirates Abdullah bin Zayed Al Nahyanisigns sign the Abraham Accords Tuesday, Sept. 15, 2020, on the South Lawn of the White House. (Official White House Photo by Shealah Craighead)/public Domain.

Hiramedia : Sejak perang saudara pecah di Suriah, hubungan di antara negara-negara Arab mengalami ketegangan, termasuk hubungan Uni Emirat Arab dengan Suriah. Dalam situasi perang dengan berbagai latarbelakangnya, kepentingan nasional masing-masing negara tersebut menjadi taruhannya.

Suriah dibawah pemerintahan Basshar al-Assad, yang didukung aliansi tradisionalnya yaitu Iran, membuat jarak dengan negara-negara di sekitarnya, utamanya negara Teluk.

Kini, setelah satu dekade, kebekuan hubungan antar negara-negara Arab tampak mulai mencair.

Surat kabar Al-Watan, yang dekat dengan rezim Suriah seperti dilansir aljazeera.net (9/11/2021) melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Abdullah bin Zayed, tiba di Damaskus hari ini, Selasa (9/11/2021) melakukan kunjungan ke Damaskus ditemani oleh delegasi tingkat tinggi negaranta.

Disinyalir, kunjungan Menlu Syeikh Abdullah bin Zayed tersebut merupakan pertamakali dilakukan sejak pecahnya perang di Suriah pada tahun 2011.

Sementera itu, Kantor Berita Reuters mengutip tiga media lokal Libanon, Selasa (9/11/2021) melaporkan bahwa menteri luar negeri UEA telah tiba di Damaskus untuk berkunjung, dan berita itu dilaporkan oleh saluran TV Al-Jadeed, LBCI dan Libanon.

Sumber: Al Jazeera + agensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Bilateral : AS - Qatar Bahas Kerja Sama Pertahanan dan Keamanan

Wed Nov 17 , 2021
Share on […]
Tentang Hiramedia: Sejak Pecah Perang, Menlu UEA Baru Pertamakali Kunjungi Damaskus

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com