Pejabat Saudi : Riyadh Miliki Saluran Terbuka Dengan Kelompok Houthi

Houthi police troopers ride on the back of a patrol truck in Sanaa on November 5, 2019. (REUTERS/Khaled Abdullah)

RIYADH: Riyadh memiliki “saluran terbuka” dengan milisi Yaman yang didukung Iran dengan tujuan mengakhiri perang saudara negara itu, seorang pejabat Saudi mengatakan Rabu, (6/11/2019) dikutip Arabnews.com

Komentar itu muncul setelah Arab Saudi memediasi perjanjian pembagian kekuasaan antara pemerintah Yaman yang diakui secara internasional dan separatis selatan, yang menurut pengamat dapat membuka jalan bagi kesepakatan damai yang lebih luas.

“Kami telah memiliki saluran terbuka dengan Houthi sejak 2016. Kami melanjutkan komunikasi ini untuk mendukung perdamaian di Yaman,” kata seorang pejabat senior Saudi kepada wartawan. “Kami tidak menutup pintu kami dengan Houthi.”

Pejabat itu, yang menolak disebutkan namanya, tidak menjelaskan sifat komunikasi itu.

Tidak ada komentar segera dari Houthi, yang merebut ibukota Sanaa dan sebagian besar Yaman utara pada tahun 2014.

Washington juga sedang dalam pembicaraan dengan Houthi, Asisten Sekretaris Urusan Timur Dekat , David Schenker mengatakan selama kunjungan ke Arab Saudi pada bulan September.

Konfirmasi hari Rabu itu datang di tengah lambatnya implementasi kesepakatan gencatan senjata yang sangat penting untuk bantuan utama di pelabuhan Hodeida, yang telah disepakati antara pemerintah dan milisi di Swedia akhir tahun lalu.

“Jika orang-orang Houthi serius untuk mengurangi eskalasi dan setuju untuk hadir, Arab Saudi akan mendukung permintaan mereka dan mendukung semua partai politik untuk mencapai solusi politik,” kata pejabat Saudi itu. ( Fath)

Sumber : Arabnews.com/https://www.arabnews.com/node/1580296/saudi-arabia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Perkuat Kerja Sama Bilateral, Indonesia-Norwegia Gelar Dialog HAM

Thu Nov 7 , 2019
Share […]
Tentang Hiramedia: Pejabat Saudi : Riyadh Miliki Saluran Terbuka Dengan Kelompok Houthi

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com

Close Ads Here
Close Ads Here