Mantan Presiden Tunisia, Zine El-Abidin Ben Ali Meninggal Dunia

Zine El-Abidin Ben Ali/Foto:wikipedia.org

TUNIS: Mantan Presiden Tunisia Zine El-Abidine Ben Ali yang berkuasa selama 23 tahun ( 1987-2011) meninggal dunia pada usia 83 tahun, Kamis, (19/9/2019) di Arab Saudi seperti diberitakan Arabnews.com.

Menurut berita tersebut, pengacara Ben Ali, Mounir Ben Salha, mengkonfirmasi kabar meninggalnya Presiden kedua Tunisia itu, mengutip anggota keluarga dan dokter Ben Ali.

Ben Ali, mengasingkan diri ke Saudi Arabia setelah pemeritahannya digulingkan lewat demonstrasi massa yang dikenal dengan “Revolusi Jasmine” 2011.  Ben Ali meninggalkan Tunisia pada 14 Januari 2011 menuju Arab Saudi.

Pada pertengahan 2012, Ben Ali dijatuhi hukuman seumur hidup karena perannya dalam kematian banyak demonstran selama pemberontakan yang kemudian menggulingkannya.

selamat dikarunia enam orang anak ; tiga putri melalui pernikahan pertama dan dua putri dan seorang putra dengan istri dari pernikahan keduanya,  Leila Trabelsi.

Menurut analisa Richard Hamilton dari BBC.com, mantan Presiden yang menggantikan Presiden pertama Tunisia, Habib Bourguiba itu dinilai membawa stabilitas di negaranya, tetapi tidak memberi kebebasan yang memadai  bagi negara itu. 

Dia menjanjikan reformasi, demokrasi, hak-hak perempuan dan pendidikan. Tetapi dia gagal memberikan masyarakat yang lebih bebas dan terbuka.

Kontrol ketatnya terhadap masyarakat didukung oleh jaringan mata-mata yang luas, informan dan polisi rahasia yang membuat Ben Ali tetap langggeng berkuasa. Tetapi pada akhirnya kemarahan rakyat terhadap kontrol obsesif terbukti menjadi penyebab kehancurannya, tulis Hamilton seprti dilansir BBC.com, 19/9/19. (fath)

Sumber : Arabnews.com/BBC.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mesir : Ribuan Orang Melakukan Aksi Demo Tuntut Presiden El-Sisi Mundur

Sat Sep 21 , 2019
Share on […]
Tentang Hiramedia: Mantan Presiden Tunisia, Zine El-Abidin Ben Ali Meninggal Dunia

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com