Semangat WNI Rayakan Idul Adha di Norwegia

Dubes RI Todung Mulya Lubis Menyampaikan Sambutan/Foto:Dok.KBRI Oslo

” Perayaan Idul Adha di Oslo tahun 2019 kali ini terasa cukup spesial dan meriah”

Hiramedia, Oslo – Di tengah udara dingin, terdengar lantunan takbir dari ratusan warga Muslim Indonesia yang tinggal di Kota Oslo dan sekitarnya yang bersama-sama menunaikan ibadah Shalat Idul Adha yang dilanjutkan dengan halal bihalal di Wisma Duta Besar RI untuk Norwegia dan Islandia.

Bertindak sebagai imam dan khatib pada perayaan Idul Adha 1440 H. adalah Bapak Abdullah Suyuti, seorang WNI yang sudah lama menetap di Norwegia.

Dalam ceramahnya, Bapak Suyuthi menyampaikan pentingnya bagi seluruh warga masyarakat Indonesia, terutama yang berada di Norwegia untuk menjaga persaudaraan dan persatuan, tanpa memandang latar belakang suku, ras, agama, dan golongan, sebagai salah satu upaya meneladani ibadah haji yang dilakukan jutaan umat Muslim di Mekkah.

Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar Todung Mulya Lubis juga turut mengawali perayaan Hari Raya Idul Adha dan halal bihalal dengan menyampaikan harapan agar perayaan Idul Adha ini dapat dimanfaatkan untuk mempererat jalinan silaturahmi, baik antar masyarakat Indonesia di Norwegia ataupun dengan kerabat yang berada jauh di Indonesia.

Duta Besar Mulya Lubis juga menyampaikan himbauan agar masyarakat Indonesia di Norwegia, untuk dapat lebih berhati-hati dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, pasca terjadinya serangan penembakan di Al Noor Islamic Centre di Bærum, Norwegia pada tanggal 10 Agustus 2019 lalu.

“Peristiwa ini memang sangat mengagetkan. Hal ini membuktikan bahwa potensi terjadinya serangan dan terror dapat terjadi di mana saja dan kapan saja, termasuk di Norwegia yang terkenal aman ini. Meskipun tidak ada korban jiwa, namun saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat tetap tenang, selalu meningkatkan kewaspadaan, dan mengikuti perkembangan situasi, serta dapat meningkatkan komunikasi dengan sesame WNI di Norwegia,” demikian disampaikan Duta Besar Mulya Lubis.

Cuaca mendung dengan disertai angina kencang dan hujan deras yang sesekali tiba juga tidak menyurutkan antusiasme warga masyarakat yang datang ke Wisma Duta Besar RI sejak pukul 09.00 pagi. Tak hanya masyarakat Indonesia, perayaan Idul Adha 1440 H di Wisma Duta Besar RI juga dinikmati oleh masyarakat Muslim asing di Norwegia.

Suasana bertambah semarak dengan adanya sajian khas Indonesia seperti gulai kambing, ayam balado, semur tahu, es buah dan es blewah serta cemilan khas Indonesia lainnya yang disajikan untuk mengobati kerinduan Masyarakat Indonesia akan suasana lebaran di Indonesia. Demikian rilis disampaikan Nina Evayanti, Pelaksana Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Oslo, 12/8/2019. (Ed/Fath)

Next Post

Irak Tolak Peran Israel Dalam Armada Pengamanan Teluk

Wed Aug 14 , 2019
Share […]
Tentang Hiramedia: Semangat WNI Rayakan Idul Adha di Norwegia

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com

Close Ads Here
Close Ads Here