Israel Tunjuk David Goffrin Sebagai Duta Besarnya di Rabat

David Goffrin/MOROCCONEWS.com


Hiramedia : Sebagai tindak lanjut dari kesepakatan normalisasi hubungan diplomatik antara Kerajaan Maroko dan Israel yang sempat kosong, Israel menunjuk David Goffrin sebagai kepala misi diplomatiknya di Rabat, Maroko.

Diberitakan, Goffrin tiba di Rabat, Selasa (26/1/2021) seperti diumumkan Kementerian Luar Negeri Israel dalam sebuah pernyataan dilansir aljazeera.net, Rabu (27/1/2021). Menurut Kementerian Luar Negeri, langkah ini dianggap sebagai “hari perayaan bagi Israel.”

Kedatangan Goffrin dan stafnya di rabat Maroko akan bekerja untuk kemajuan hubungan bilateral Israel-Maroko yang berkelanjutan di semua bidang, termasuk yang berhubungan dengan dialog politik, pariwisata, ekonomi dan hubungan budaya.

Sebelum menjadai Duta Besar Israel di Rabat, Goffrin memang merupakan seorang diplomat yang ditunjuk oleh negaranya sebagai Duta Besar untuk Mesir pada tahun 2016 dan 2020.

Maroko adalah negara Arab keempat yang baru-baru ini menandatangani perjanjian normalisasi dengan Israel, disponsori oleh Amerika Serikat, setelah UEA, Bahrain, dan Sudan.

Atas kesepakatan normalisasi tersebut, Amerika Serikat mengakui Sahara Barat sebagai bagian dari wilayah Maroko dan telah membuka kantor Konsulat Jenderalnya di sana.

Desember lalu, kedua negara menandatangani 4 perjanjian bilateral yang berfokus pada penerbangan langsung, pengelolaan air, pembebasan visa bagi warga kedua negara, dan mendorong investasi dan perdagangan antara kedua negara.

Pada hari Selasa, Menteri Luar Negeri Israel Gabi Ashkenazi menyambut baik langkah-langkah ini. Ia mengatakan, “ini adalah hari penting untuk perdamaian dan hari yang menyenangkan untuk implementasi perjanjian kami dengan UEA dan Maroko.”

Menteri menilai bahwa dibukanya 4 misi diplomatik baru di Timur Tengah “adalah bukti hidup dari perubahan yang terjadi di kawasan dan perdamaian yang hangat antara kami dan negara-negara di kawasan.”

Sementara itu, menurut Shimon Aran, seorang reporter dan analis politik di saluran “Makan Israel” dikutip portal berita (https://www.assahifa.com), Maroko bahwa Dr. David Goffrin, mantan duta besar Israel untuk Mesir, akan menjadi kepala perwakilan diplomatik Israel sementara di ibukota Maroko, Rabat. (Fath)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Timur Tengah : Utusan PBB Dorong Proses Perdamaian Palestina-Israel

Wed Jan 27 , 2021
Share […]
Tentang Hiramedia: Israel Tunjuk David Goffrin Sebagai Duta Besarnya di Rabat

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com

Close Ads Here
Close Ads Here