Umat Muslim Shalat Idul Fitri di Halaman Masjid Al-Aqsa di Bawah Pengawasan Pasukan Israel

صلاة العيد أقيمت أمام باب الأسباط خارج المسجد الأقصى

Shlat Ied diadakan di depan pintu luar Masjid Al-Aqsa/ France Press

Pelaksanaan shalat Idul Fitri 1441 H. di Halaman Masjidil Aqsa dilaporkan ricuh. Pasukan Israel memukuli sejumlah jamaah Palestina di depan pintu luar Masjid Al-Aqsa di Yerusalem yang diduduki pasukan Israel.

Menurut laporan aljazeera.net dikutip dari Kantor Berita Reuters Ratusan warga Palestina melakukan sholat Idul Fitri pagi ini, Minggu (24/5/2020) di dekat pintu gerbang luar Masjid Al-Aqsa di tengah pengawasan pasukan tentara Israel.

Biasanya, ratusan ribu warga Palestina melakukan shalat Id di Masjid Al-Aqsa yang diberkati. Namun karen ada langkag-langkah pencegahan terjangkitnyavirus Corona baru (COVID-19) menyebabkan pembatasan shalat di Masjid kepada sejumlah orang secara terbatas.

Pada kesempatan terpisah, seorang Khatib Jumat pada Ramadhan terakhir di Masjid Al-Aqsa, Sheikh Muhammad Salim, menyerukan kesabaran atas langkah-langkah yang diberlakukan untuk melawan penyebaran virus Corona, dan mengumumkan pembukaan kembali Masjid untuk pelaksanaan shalat.

Dalam khutbahnya, khatib mengatakan kepada jamaah musim Muslim dan rakyat Yerusalem, rakyat Palestina, bahwa pada awal minggu setelah Idul Fitri, pintu Masjid Al-Aqsa akan dibuka kembali untuk menerima para jamaah shalat di masjid.”

“Oleh karena itu, Departemen Waqaf menyerukan kepada kita untuk mematuhi aturan keselamatan dan instruksi medis saat mereka akan melakukan shalat di masjid, dan mengikuti instruksi para penjaga dan pemandu untuk mengamati masalah keamanan, membawa sajadah dan tetap menjaga jarak tanpa berdesakan.”

Dewan Waqaf telah menangguhkan semua jamaah untuk memasuki Masjid Al-Aqsa sejak 22 Maret, sebagai tindakan pencegahan untuk melawan wabah virus Corona, setelah menutup masjid-masjid pada tanggal 15 Mei.

“Jadi bersabarlah untuk waktu yang singkat ini, sehingga pengurus Masjid menyiapkan halaman masjid, mensterilkan, mengatur dan mengerahkan penjaga untuk ketertiban, sesuai dengan langkah-langkah protokol kesehatan yang direkomendasikan oleh para petugas medis,” kata khatib Jumat. (Fath)

Sumber: Al-Jazeera + Reuters

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Setelah Batas Waktu Berakhir, Pasukan Rusia Tinggalkan Bani Walid Libya

Mon May 25 , 2020
Share on […]
Tentang Hiramedia: Umat Muslim Shalat Idul Fitri di Halaman Masjid Al-Aqsa di Bawah Pengawasan Pasukan Israel

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com