Presiden Xi Jinping dan Presiden Trump Siap Bertemu di G20

Presiden Xi Jinping dan Presiden Donald Trump : Foto/Fath Via Wikipedia.org

Presiden Xi Jinping melakukan percakapan telepon dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada hari Selasa, (18/06/2019).

Trump mengatakan dia berharap untuk bertemu dengan Xi di sela-sela KTT Pemimpin G20 mendatang di Osaka, Jepang, untuk membahas hubungan bilateral yang mendalam dan masalah-masalah yang menjadi perhatian bersama, Xinhua News Agency melaporkan sebagaimana dikutip situs berita chinadaily.com.cn, 19/06/2019.

Washington menghargai kerja sama ekonomi dan perdagangan China-AS, dan berharap tim kerja kedua belah pihak akan berkomunikasi dan menemukan solusi bagi perbedaan mereka sebelumnya, kata Trump, seraya menambahkan bahwa ia yakin dunia ingin melihat kesepakatan antara AS dan Cina tercapai.

Xi mengatakan bahwa hubungan China-AS telah mengalami beberapa kesulitan baru-baru ini, yang tidak menguntungkan kedua belah pihak. Kerjasama akan menguntungkan kedua negara, sementara antagonisme akan merugikan keduanya, katanya.

Kedua belah pihak harus mengikuti konsensus yang ia dan Trump raih dan memajukan hubungan China-AS – mengutamakan koordinasi, kerja sama dan stabilitas – berdasarkan saling menghormati dan saling menguntungkan, kata Xi.

Sebagai dua ekonomi terbesar di dunia, Cina dan AS harus bersama-sama memainkan peran sebagai pemandu, mendorong KTT G20 Osaka untuk menghasilkan hasil dan menyuntikkan kepercayaan dan vitalitas ke pasar global, tambah Xi.

Xi mengatakan dia bersedia untuk bertemu dengan Trump di sela-sela KTT dan bertukar pandangan tentang isu-isu mendasar terkait dengan pengembangan hubungan China-AS.

Xi menekankan bahwa kedua belah pihak harus menyelesaikan masalah ekonomi dan perdagangan mereka melalui dialog dengan pijakan yang sama, dan kuncinya adalah memperhatikan pijakan masing-masing pihak.

China juga berharap bahwa AS akan memperlakukan perusahaan China secara adil, kata Xi. Dia menambahkan bahwa dia setuju bahwa tim ekonomi dan perdagangan kedua negara harus menjaga komunikasi tentang bagaimana menyelesaikan perbedaan mereka. (Fath)

Sumber : http://www.chinadaily.com.cn/

Next Post

Makna Nobel Perdamaian dan Peran Politik Wanita

Thu Jun 20 , 2019
Share […]
Tentang Hiramedia: Presiden Xi Jinping dan Presiden Trump Siap Bertemu di G20

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com

Close Ads Here
Close Ads Here