Hindari Virus Corona, Dua Masjidil Haram Dilakukan Disinfeksi

The General Presidency for the Affairs of the Two Holy Mosques washes and sanitizes the floors of Makkah’s Grand Mosque four times daily as part of measures to ensure the safety of pilgrims. (SPA)

Menyebarnya virus corona baru ( COVID-19) ke sejumlah negara di luar China, membuat banyak negara melakukan langkah pencegahan, termasuk Arab Saudi.

Dengan penangguhan sementara kunjungan umrah dan wisata bagi warga negara asing ke wilayah Keajaan, kamis (27/02/2020) Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci melakukan langkah-langkah pencegahan dengan mencuci dan membersihkan lantai Masjidil Haram Mekkah empat kali sehari sebagai bagian dari langkah-langkah untuk memastikan keamanan para peziarah, arabnews.com melaporkan mengutip kantor Berita Saudi (SPA).

Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci telah mengumumkan kesiapannya untuk menangani setiap kasus epidemi. Dikatakan bahwa mereka akan memberikan semua informasi yang diperlukan untuk jamaah haji dan telah menggandakan waktu pembersihan halaman dan koridor Masjidil Haram di Mekah.

Kepresidenan mengatakan bahwa mereka meningkatkan kesadaran media (kepada peziarah) dalam semua bahasa melalui layar informasi untuk mendistribusikan instruksi medis terbaru dan perkembangan darurat.

Abdulhamid Al-Maliki, asisten wakil Menteri untuk urusan layanan di kepresidenan, mengatakan kepada Arab News bahwa Kedua Masjid Suci itu bekerja sama dengan otoritas kesehatan masyarakat untuk menghadapi semua situasi yang mungkin.

Al-Maliki mengatakan bahwa ia telah bekerja bahu membahu dengan lembaga pemerintah dan swasta untuk mendistribusikan masker dan pembersih tangan.

Diberitakan bahwa hampir 7 juta peziarah mengunjungi Kerajaan Arab Saudi setiap tahun, sebagian besar dari mereka tiba di bandara di Jeddah dan Madinah.

Sejak virus Corona baru muncul pada bulan Desember di Cina, virus itu telah membuat 82.000 orang sakit di seluruh dunia, dengan lebih dari 2.700 kematian.

Dia menambahkan bahwa koordinasi telah dilakukan dengan badan-badan terkait dengan kesehatan masyarakat untuk memobilisasi liputan media yang diperlukan untuk menginformasikan semua peziarah dari berbagai kebangsaan di mana pun mereka berada.

Asisten wakil menteri mengatakan bahwa mematuhi semua instruksi dan saran diperlukan untuk penanganan masalah kesehatan terbaik.

Menurut seorang, Akram Jan mengatakan bahwa Arab Saudi telah memperoleh pengalaman dalam berurusan dengan keramaian dan jutaan orang, dan siap untuk menangani beberapa skenario mendadak serta situasi yang paling sulit dengan kesuksesan.

Jan mengatakan bahwa kesulitan yang menyertai kehadiran virus – seperti coronavirus baru – adalah kemampuan mereka untuk menyebar dan menginfeksi melalui kontak atau bersin. Dia menambahkan bahwa Kerajaan sedang mengambil tindakan pencegahan untuk mencegah bencana terjadi.

Disinfeksi

Lantai Masjidil Haram Mekkah dicuci dan didesinfeksi empat kali sehari sebagai bagian dari langkah-langkah untuk memastikan keamanan para peziarah dan pengunjung.

Kader-kader yang berkualifikasi tinggi menggunakan teknologi terbaik dan alat pembersih dan sanitasi, kata Jaber Widaani, direktur departemen desinfeksi dan karpet masjid.

Ada 13.500 sajadah di masjid, yang semuanya disapu dan diharumkan setiap hari, tambahnya.

Sejak coronavirus baru muncul pada Desember 2019 di Cina tengah, virus itu telah membuat 82.000 orang sakit di seluruh dunia, dengan lebih dari 2.700 kematian. Penyakit yang disebabkannya bernama COVID-19, referensi ke asalnya akhir tahun lalu.

Negara-negara Timur Tengah telah menerapkan langkah-langkah untuk melindungi warga negara dan penduduknya dari meningkatnya kasus coronavirus.

Pada hari Kamis, Emirates Dubai mengumumkan larangan sementara untuk membawa jamaah umrah dan wisatawan dari hampir dua lusin negara ke Arab Saudi.

Pengumuman itu muncul setelah Kerajaan memberlakukan larangan sementara pada jamaah umrah memasuki negara untuk melakukan umrah, dalam upaya untuk mencegah penyebaran virus corona. (fath)

Sumber : arabnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

China Kedepankan Teknologi Super Canggih Atasi COVID-19

Fri Feb 28 , 2020
Share […]
Tentang Hiramedia: Hindari Virus Corona, Dua Masjidil Haram Dilakukan Disinfeksi

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com

Close Ads Here
Close Ads Here