Gelombang Protes di Libanon

Para demonstran membawa bendera dan spanduk selama protes anti pemerintah dekat Masjid Al-Amin di Beirut, Lebanon, Oktober 19, 2019. (REUTERS/Mohamed Azakir)

Sejumlah negara Arab akhir-akhir ini mengalami distabilitas sosial politik. Setelah Irak diguncang protes dan demonstrasi besar-besaran selama dalam dua pekan terakhir, kini terjadi di Libanon.

Dilaorkan, sekitar kantor Perdana Menteri Lebanon di pusat kota Beirut sedang menyaksikan pertemuan ribuan demonstran yang memprotes situasi ekonomi sejak Kamis lalu dan menuntut kepergian semua simbol rezim. Para aktivis terlihat memotong jalan-jalan utama menuju Beirut seperti dilansir Aljazeera.net (19/10/2019).

Sementara itu, di luar, puluhan warga Lebanon berdemonstrasi di depan kedutaan besar negara mereka di Washington, DC, sebagai bentuk aksi solidaritas dengan demonstrasi yang terjadi di kota-kota Lebanon.

Para demonstran meneriakkan slogan-slogan yang mengecam pemerintah dan parlemen di negara itu, dan menyatakan dukungan untuk gerakan rakyat Lebanon dan tuntutannya untuk memerangi korupsi, mereformasi kondisi ekonomi dan sosial, serta meningkatkan pelayanan keperluan dasar publik.

Sejak Kamis malam waktu setempat, Lebanon menyaksikan demonstrasi di beberapa titik di Beirut dan kota-kota lain, setelah pemerintah mengumumkan dimasukkannya pajak baru dalam anggaran tahun depan untuk mencapai sektor telekomunikasi gratis melalui ponsel dan lainnya, dalam rangka memberikan pendapatan baru kepada kas negara. ( Fath)

Sumber : Aljazeera.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Arab Saudi Kaji Aturan "Tanpa Mahram" Bagi Peziarah Perempuan

Sun Oct 20 , 2019
Share […]
Tentang Hiramedia: Gelombang Protes di Libanon

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com

Close Ads Here
Close Ads Here