Ratusan Warga Muslim Shalat Idul Adha di KBRI Beijing

Jamaah Shalat Idul Adha di KBRI Beijing: Foto/Fath

Hari raya Idul Adha 1440 H. yang bertepatan dengan hari Minggu, 11 Agustus 2019 menjadi ajang silaturrahmi antar umat muslim Indonesia khususnya dan WNI yang berada di Beijing, China pada umumnya.

” umat muslim hendaknya menghormati satu sama lain, tidak ada permusuhan, apalagi pertumpahan darah.”

Dalam suasana kekeluargaan, ratusan warga muslim Indonesia melaksanakan shalat Idul Adha di halaman kompleks Kedutaan Besar Republik Indonesia, (KBRI) Beijing. Mereka adalah WNI yang berdomisili di kota Beijing dan beberapa kota lainnya, termasuk para mahasiswa yang sedang menempuh studi di sejumlah perguruan tinggi di China.

Dalam kesempatan tersebut, bertindak sebagai Imam shalat adalah Gus Hakim Jayli dari Nahdlatul Ulama, Sementara itu sebagai Khatib adalah Gus M.Irfan Ilmie.

Gus Irfan berpesan agar umat muslim senantiasa bersyukur bahwa Allah SWT. telah menganugerahkan nikmat luar biasa, sehingga umat muslim di negeri tirai bambu ini dapat melaksanakan Idul Adha dengan tenang dan penuh hikmat.

” Pada 10 hari di bulan Dzulhijjah terdapat keistimewaan yaitu hari Arafah yang menjadi inti pelaksanaan ibadah haji sebagai rukun Islam yang ke lima, ” kata Gus Irfan.

Selain itu, bulan Dzulhijjah menurutnya memiliki makna penting berupa simbol cinta, yaitu kecintaan Nabi Ibrahim dan kesetiaan keluarganya dalam menerima perintah Tuhannya.

Selanjutnya, ia menyampaikan bahwa Dzulhijjah merupakan bulan yang suci dan sangat penting bagi perdamaian, karena di bulan ini (Dzulhijjah), Rasulullah SAW berpesan agar umat muslim dan umat manusia pada umumnya saling menghormati satu sama lain, tidak ada permusuhan, apalagi pertumpahan darah.

Kepala Biro LKBN Antara Beijing itu, juga mengingatkan agar warga Indonesia, termasuk umat muslim yang ada di negri tirai bambu tetap mencintai Indonesia sebagai bagian dari iman sebagaimana dianjurkan Rasulullah SAW.

Usai shalat dan khutbah, masyarakat Indonesia beramah tamah dan silaturrahmi dengan Duta Besar RI di Beijing, Djauhari Oratmangun dan istri, Elsiwi Oratmangun didampingi Wakil Duta Besar, Listyowati di Wisma Duta sembari menikmati hidangan nusantara spesial lebaran berupa opor dan olahan daging.

” Silahkan nikmati hidangan lebaran ini, ” kata Dubes Oratmangun sambil menunjuk “kambing guling” yang disediakan Panitia.

“Saya senang bisa ikut melaksanakan Idul Adha dan bersilaturahmi dengan masyarakat Indonesia lainnya di KBRI Beijing,” kenang salah seorang mahasiswa jurusan Pariwisata yang sedang bekerja-magang di salah satu Hotel di Beijing.

“Pelaksanaan shalat Idul Adha di KBRI memang salah satunya dalam rangka memperkokoh tali silaturrahmi antar umat Islam dan warga Indonesia di China, ” kata Ketua Panitia Pelaksana, Yaya Sutarya , Atase Pendidikan di KBRI Beijing saat memberikan sambutan pembuka. (Fath)

Next Post

Semangat WNI Rayakan Idul Adha di Norwegia

Wed Aug 14 , 2019
Share […]
Tentang Hiramedia: Ratusan Warga Muslim Shalat Idul Adha di KBRI Beijing

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com

Close Ads Here
Close Ads Here