Erdogan Umumkan Operasi Militer di Timur Eufrat Suriah

Erdogan, Putin dan Presiden Iran Hassan Rouhani bertemu di Sochi untuk membahas Suriah, 22 November 2017/Foto : en.wikipedia.org

Ankara : Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada hari Minggu (4/8/2019) bahwa negaranya akan melakukan operasi (militer) di sebelah timur Sungai Eufrat di Suriah utara, di daerah yang dikontrol oleh Unit Perlindungan Rakyat Kurdi.

Dalam pidatonya pada upacara peresmian jalan tol antara Istanbul dan Izmir, Presiden Erdogan mengatakan negaranya telah memberi tahu Rusia dan Amerika Serikat tentang operasi yang akan datang.

“Kami telah melakukan operasi di Afrin, Tripoli, dan al-Bab (Aleppo) dan sekarang kami akan melakukan operasi di sebelah timur Sungai Efrat di Suriah.” Kata Erdogan dilansir Aljazeera.net mengutip Kantor Berita

Pada 22 Juli, Turki mengancam akan melakukan operasi militer terhadap unit perlindungan rakyat Kurdi Suriah jika belum terbentuk daerah aman  di daerah Suriah utara dan jika ancaman terhadap keamanannya berlanjut.

Menteri Luar Negeri Turki Mouloud Gawishoglu mengatakan dalam sebuah wawancara dengan TRT News bahwa negaranya akan melakukan operasi militernya di timur Sungai Eufrat di Suriah jika daerah aman jika daerah aman belum terbentuk dan jika daerah perbatasan tidak dibersihkan dari apa yang ia sebut sebagai teroris.

Oglu merujuk kepada pejuang Kurdi Suriah, yang membentuk sayap militer partai Uni Kurdi Suriah, dimana pemerintah Ankara menganggapnya sebagai organisasi teroris sebagai perpanjangan dari PKK, yang diklasifikasikan sebagai teroris.

Diberitakan bahwa Turki telah berulang kali mengingatkan operasi militer terhadap gerilyawan Kurdi Suriah di wilayah Eufrat timur setelah mereka mengekstraksi kota Afrin, di barat desa Aleppo barat laut, selama proses operasi yang dinamakan ranting zaitun (olive ) branch) yang berakhir pada musim semi 2018. (Fath)

Sumber : Aljazeera.net

Next Post

Krisis Kashmir : Pakistan Usir Dubes India dan Bekukan Hubungan Dagang

Thu Aug 8 , 2019
Share […]
Tentang Hiramedia: Erdogan Umumkan Operasi Militer di Timur Eufrat Suriah

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com

Close Ads Here
Close Ads Here