Serikat Jurnalis Mesir Kampanye Tolak Normalisasi Arab-Israel

Bendera Republik Arab Mesir/Wikipedia.org

Sejumlah jurnalis Mesir meluncurkan kampanye untuk mengumpulkan tanda tangan dalam pernyataan yang menolak normalisasi dengan Israel. Diklansir aljazeera.net, Jumát (18/9/2020). meraka menegaskan komitmen mereka terhadap keputusan organisasi (organisasi wartawan Mesir :red) yang melarang serikat pekerja, para profesional dan pribadi setelah penandatanganan Camp David Accords pada tahun 1978, yang menandai peringatan 42 tahun penandatanganannya.

Pernyataan kampanye mengatakan bahwa hal itu bermula dari penegasan sentralitas perjuangan Palestina sebagai prioritas memajukan masalah bangsa Arab, menunjukkan bahwa mendukung ketabahan rakyat Palestina adalah dasar untuk menghadapi penjajahan dan praktik tidak manusiawi dan ilegal yang mengancam keamanan manusia dan masyarakat rakyat Palestina.

Menurut laporan aljazeera.net, pernyataan tersebut menegaskan berlanjutnya kampanye pengumpulan tanda tangan yang diluncurkan sebulan lalu, seiring reaksi positif yang terus berlanjut dari inisiatif sekelompok jurnalis dari berbagai generasi di Sidang Umum Sindikat Jurnalis. Hal ini telah menarik perhatian lebih dari 500 jurnalis atas isi pernyataan tersebut, diikuti dengan bergabungnya 200 jurnalis lainnya dalam beberapa hari terakhir untuk ikut serta dalam peluncuran kampanye anti normalisasi Arab-Israel.

Dalam pernyataannya, para jurnalis menyerukan kepada profesional dan serikat buruh untuk memperbarui keputusan mereka untuk menolak normalisasi dan memperketat larangan, dalam membela posisi dan keputusan yang berfungsi sebagai inkubator untuk perlindungan budaya dan hati nurani bangsa Mesir, dan sejalan dengan patriotisme Mesir dan Arab serta intuisi dari hati nurani manusia.

Jurnalis juga menuntut dewan serikat mereka untuk mengeluarkan pernyataan yang akan menegaskan kembali posisi serikat dan majelis umum berturut-turut tentang masalah ini, serta meminta Persatuan Jurnalis Arab untuk memperbarui posisinya dan memberi tahu sindikat pers Arab, asosiasi dan asosiasi tentang posisi serikat yang menolak normalisasi dan mewajibkan pihak-pihak ini untuk meminta pertanggungjawaban setiap anggotanya yang melanggar keputusan ini.

Para jurnalis yang menandatangani pernyataan tersebut menunjukkan bahwa Sindikat Jurnalis Mesir adalah salah satu serikat profesional pertama yang melarang normalisasi. (fath)

sumber : aljazeera.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Presiden Abbas: PLO Tidak Mengizinkan Siapa pun Untuk Bernegosiasi Atas Nama Rakyat Palestina

Sat Sep 26 , 2020
Share […]
Tentang Hiramedia: Serikat Jurnalis Mesir Kampanye Tolak Normalisasi Arab-Israel

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com

Close Ads Here
Close Ads Here