KTT Islam : Pemimpin Negara Muslim Bertemu di Kuala Lumpur

1

(Dari kiri) Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dan Presiden Iran Hassan Rouhani selama KTT Kuala Lumpur pada 19 Desember 2019. FOTO: AFP

KUALA LUMPUR – Pertemuan puncak pemimpin Muslim dimulai di ibukota Malaysia, Kuala Lumpur (Kamis, 19/12/2019) dibuka oleh Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad.

Dalam pidato pembukaannya, Perdasna Menteri Mahathir Mohammad seperti dilansir Staitstimes.com mengatakan bahwa pertemuan (KTT) Islam Kuala Lumpur bukan untuk membangun blok Islam baru.

Para pemimpin beberapa negara di Organisasi Konferensi Islam (OKI), termasuk Arab Saudi, Pakistan dan Indonesia, tidak menghadiri pertemuan empat hari yang menurut Tun Mahathir adalah upaya untuk memahami mengapa Islam, Muslim dan negara mereka “Dalam keadaan krisis, tidak berdaya dan tidak layak dari agama besar ini”.

Dr Mahathir mengatakan masalah yang ada di kalangan umat Islam akan dibahas “pada tingkat tertinggi negara tetapi hanya melibatkan beberapa negara sebagai permulaan”.

“Kami tidak membeda-bedakan atau mengisolasi siapa pun,” tambahnya.

Dr Ma’ruf Amin, Wakil Presiden Indonesia, negara mayoritas Muslim terbesar di dunia, pada hari Rabu mengumumkan bahwa ia tidak akan pergi ke KTT, dengan alasan masalah kesehatan, dan bahwa ia akan mengirim menteri luar negerinya sebagai gantinya. Perdana Menteri Pakistan Imran Khan, yang sebelumnya dijadwalkan untuk berbicara di acara itu, juga tidak menghadiri KTT.

Pertemuan Kuala Lumpur telah dipandang di beberapa kalangan Islam sebagai pertemuan negara-negara Muslim yang tidak selaras dengan Arab Saudi.

Penyelenggara KTT mengatakan 450 delegasi dari 56 negara hadir.

Saudi memainkan peran penting di dunia Muslim karena peran mereka sebagai “penjaga dua Masjid Suci” di Mekah dan Madinah, dan kekayaan minyak mereka, tetapi melewatkan pertemuan Kula Lumpur.

Sebagai gantinya, para pemimpin dari trio negara yang mengalami tensi ketegangan dengan Arab Saudi terbang ke Kuala Lumpur yaitu ; Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Iran Hassan Rouhani. (Fath)

Sumber : straitstime.com/https://www.straitstimes.com/asia/se-asia/malaysia-kicks-off-islamic-summit-with-non-saudi-aligned-countries-in-attendance

One thought on “KTT Islam : Pemimpin Negara Muslim Bertemu di Kuala Lumpur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

KTT Islam Kuala Lumpur : Presiden Erdogan Singgung Pakistan dan Indonesia

Sat Dec 21 , 2019
Share on […]
Tentang Hiramedia: KTT Islam : Pemimpin Negara Muslim Bertemu di Kuala Lumpur

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com