Beiji Essebsi, Presiden Tunisia Meninggal Dunia

Presiden Tunisia, Béji Caïd Essebsi, / Foto : assabahnews.tn

Hiramedia : Kantor Kepresidenan Tunisia mengumumkan   kabar berita meninggalnya Presiden Tunisia,  Béji Caïd Essebsi, Kamis, ( 25/7/2019) seperti dikutip Assabahnews.tn. (25/7/19) setelah dirawat di Rumah Sakit Militer di Tunis, Tunisia.

Presiden Béji meninggal pada usia 92 tahun. Ia merupakan politisi senior Tunisia yang pernah berkiprah dalam dunia politik di Tunisia dan memangku berbagai jabatan penting, baik pada pemerintahan Presiden Habib Bourguiba (Presiden Pertama), dan Presiden Zein El Abidin Ben Ali (Presiden kedua) yang digulingkan lewat  demonstrasi massa pada Januari 2011 lalu.

Pria kelahiran Sidi Bousaid, Tunis 29 Nopember 1926 itu, merupakan lulusan Fakultas Hukum di Paris pada tahun 1950. Ia menyaksikan awal berdirinya negara Tunisia modern pada saat kemerdekaannya dari kolonialisme Prancis pada tahun 1956.

Sebagai pengacara dan politisi ulung, Béji menjadi anggota Partai Konstitusi Baru (Neo Destour) dan mejadi penasihat mendiang Presiden Habib Bourguiba, pendiri negara Tunisia modern. Selain memangku jabatan di Parlemen, ia juga pernah menjabat di sejumlah kementerian di antaranya ; Menteri Dalam Negeri (1965-1969), Menteri Pertahanan (1969-1970) dan Menteri Luar Negeri Tunisia (1981-1986).

Setelah revolusi rakyat pada tahun 2011, Beiji  Essebsi mendirikan partai «Nidaa Tounes» bertujuan untuk melawan dominasi arus Islamis dari partai An-Nahdah di panggung politik dan pemerintahan Tunisia. Dengan kelihaiannya dalam berpolitik, ia berhasil mengeluarkan mereka (An-Nahdah) dari kekuasaan setelah partainya memenangkan pemilihan legislatif pada 2014.

 Pada pemilihan Presiden 2014, ia memenangkan putaran kedua dengan perolehan suara 55.8 % mengalahkan mantan Presiden Moncef  Marzouki, yang memperoleh suara 44.32 %.

Beji Essebsi dikenal sebagai Politisi yang memiliki pemikiran politik liberal, sekuler dan moderat, realistis dan pragmatis. Ia menjabat Presiden ke-5 Tunisia sejak 31 Desember 2014 – 25  Juli 2019. (Fath).

Sumber : Assabahnews.tn/aawsat.com

Next Post

Selat Hormuz : Jerman Tolak Tekanan AS Terhadap Iran

Sat Jul 27 , 2019
Share […]
Tentang Hiramedia: Beiji Essebsi, Presiden Tunisia Meninggal Dunia

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com

Close Ads Here
Close Ads Here