Arab Saudi Akan Buka Masjid Untuk Shalat Jumát, Tunda Kegiatan Umrah dan Haji.

1
Masjid Ji´rana-Mekkah/Fath

RIYADH: Masjid-masjid di Arab Saudi akan dibuka kembali untuk salat Jumat pekan ini karena Kerajaan telah melonggarkan langkah-langkah untuk menghentikan penyebaran COVID-19.

Kementerian Urusan Islam seperti dilansir arabnews.com (26/5/2020) mengatakan Masjid akan dibuka untuk umum untuk shalat Jumat mulai 31 Mei hingga 20 Juni, kecuali di Mekah.


Sesuai Surat edaran yang dikeluarkan oleh Sheikh Abdullatif bin Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al-Asheikh, Menteri Urusan Islam untuk pengurus Masjid mengatakan jendela dan pintu harus terbuka setiap saat dan Al-Qur’an harus ditarik sementara.


“Para jamaah shalat harus menjaga jarak dua meter dan membiarkan satu baris ruang kosong di antara setiap baris,” katanya.


“Mereka juga harus memakai masker wajah setiap saat, membawa tikar /sajadah mereka sendiri dan melakukan wudhu di rumah.”


Para imam harus memastikan bahwa jamaah menghindari kerumunan saat memasuki dan keluar dari masjid. Sementara itu, dan anak-anak di bawah 15 tidak diizinkan masuk.


Pendingin air dan distribusi makanan serta minuman tidak diizinkan, serta penggunaan siwak, yang biasa digunakan untuk membersihkan gigi. Masjid juga harus menutup semua toilet dan tempat wudhu.


Instruksi mengikuti pengumuman lain di Kerajaan sebagai aspek pelonggaran lokcdown, termasuk mengurangi jam malam dan memungkinkan lebih banyak pergerakan orang.


Dalam Surat edaran untuk masjid juga dikatakan bahwa program pendidikan untuk menghafal Al-Quran harus dilanjutkan dari jarak jauh secara online hingga ada pemberitahuan lebih lanjut.
Masjid yang lebih kecil dapat dibuka 15 menit sebelum shalat dan harus ditutup 10 menit setelah selesai.


Masjid-masjid dengan kerumunan yang lebih besar dapat dibuka 20 menit sebelum salat dan harus ditutup 20 menit setelah selesai, dan khutbah tidak boleh lebih dari 15 menit.


Ziarah Haji dan Umrah, yang menarik jutaan peziarah dari seluruh dunia, akan tetap diskors sampai pemberitahuan lebih lanjut, kata Kementerian itu dilansir arabnews.com. (Fath)

Sumber : arabnews.com/https://www.arabnews.com/node/1680266/saudi-arabia

One thought on “Arab Saudi Akan Buka Masjid Untuk Shalat Jumát, Tunda Kegiatan Umrah dan Haji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Memahami Makna Modified Mercalli pada Gempa Banten

Thu May 28 , 2020
Share on […]
Tentang Hiramedia: Arab Saudi Akan Buka Masjid Untuk Shalat Jumát, Tunda Kegiatan Umrah dan Haji.

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com