Para Jamaah Berbondong-Bondong Salat Jumát di Masjid Nabawi Setelah Dibuka Kembali

Para jamaah mematuhi aturan “jarak sosial” sambil berdoa di dalam Masjid Nabawi pada hari Jumat. (SPA)

MADINAH: Ratusan ribu jamaah diberitakan telah menghadiri salat Jumat pertama yang diadakan di Masjid Nabawi Madinah setelah ditutup sementara dalam rangka mencegah penyebaran wabah penyakit coronavirus (COVID-19).

Sebagai lampu hijau untuk dimulainya kembali salat jamaah sebagai bagian dari rencana untuk secara bertahap membuka kembali masjid-masjid di Kerajaan Arab saudi, para jamaah dan pengunjung diharapkan dapat mematuhi langkah-langkah pencegahan.

Larangan akses ke Rawdah tetap berlaku dan hanya kelompok jamaah yang berjumlah maksimal 40 persen dari kapasitas masjid yang diizinkan masuk, demikian arabnews.com melaporkan, Sabtu (6/6/2020).

Langkah-langkah pencegahan juga termasuk lokasi pintu khusus untuk masuknya jamaah, pemasangan kamera thermal scan, pengosongan semua karpet, sehingga doa dapat dilakukan pada lantai – marmer saja, sanitasi lantai dan halaman masjid, pembukaan berkala kubah dan kanopi untuk ventilasi masjid, dan penghapusan wadah air Zamzam.

Masjid Nabi di Madinah akan ditutup setelah salat isya´dan dibuka kembali satu jam sebelum salat subuh. Tempat parkir akan beroperasi pada kapasitas 50 persen dan kampanye media tentang kesadaran telah diluncurkan untuk menyoroti prosedur keselamatan di tempat suci tersebut.

Tim medis juga telah ditempatkan di pintu masuk utama masjid bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan.

Di tempat-tempat lain di Kerajaan, jamaah juga berkumpul untuk melakukan salat Jumat di masjid-masjid dengan langkah-langkah protokol kesehatan yang ketat.

Pada 31 Mei, pemerintah Arab Saudi membuka kembali semua masjid untuk salat, kecuali di Makkah, sebagai bagian dari rencana Kerajaan secara bertahap untuk kembali ke kehidupan normal.

Pekan lalu Menteri Urusan Islam, dakwah dan bimbingan mengatakan bahwa masjid-masjid di negara itu siap menyambut kembali jamaah, setelah kunjungan lapangannya untuk memeriksa bahwa persiapan yang diperlukan telah dilakukan.

Semua jamaah harus tetap menjaga jarak 2 meter di antara barisan, mengenakan masker untuk memasuki masjid, dan khutbah Jumat serta doa telah dibatasi hingga maksimum 15 menit. (Fath)

sumber : arabnews.com/https://www.arabnews.com/node/1685491/saudi-arabia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Sekjen Liga Muslim Dunia Peroleh Penghargaan Dari Komunitas Yahudi

Mon Jun 15 , 2020
Share […]
Tentang Hiramedia: Para Jamaah Berbondong-Bondong Salat Jumát di Masjid Nabawi Setelah Dibuka Kembali

Sebagai Web/Blog :

  1. 1.Media Informasi : Menyampaikan gagasan, ide dan informasi seputar isu-isu mutakhir sosial politik, khususnya di dunia Islam yang dirangkum dari berbagai sumber, baik nasional maupun internasional.
  2. Media Publikasi : Menerbitkan riset dan penelitian para profesional dan pakar di bidangnya untuk dimanfaatkan masyarakat luas.
  3. Media Edukasi : Menghadirkan berbagai sumber informasi dan bacaan  yang edukatif dan inovatif kepada pembaca dengan prinsip menjunjung tinggi perbedaan dalam bingkai kebinnekaan dan  toleransi sesuai semangat keislaman serta keindonesiaan yang berdasarkan Pancasila.

HIRAMEDIA KONTAK : hiramedia45@gmail.com

Close Ads Here
Close Ads Here